Wednesday, April 27, 2011

Keterkaitan antara Bidang TI dengan lingkungan


        Semakin majunya teknologi dan  semakin derasnya arus informasi pada era globalisasi sekarang ini mungkin saja membawa dampak yang tak terduga. Bisa positif atau negative. Hal tersebut tergantung dari kepribadian masing-masing.

        Akan tetapi jelaslah bahwa pesatnya perkembangan TI (Teknologi Informasi) sekarang ini sangat berdampak besar terhadap lingkungan kita. Dimulai dari perkembangan alat komunikasi seperti handphone. Kalau dulu untuk bebicara (ngobrol) saja harus betatap muka langsung dan hal tersebut terbatas oleh jarak maka dengan adanya handphone segalanya menjadi berubah, nikmatnya berkomunikasi serasa ada di genggaman kita. 

        Terlebih lagi dengan berkembangnya internet, sugalanya terasa lebih mudah. Kemudahan informasi tersebut sekarang sudah masuk ke pelosok-pelosok desa. Memang perkembangan teknologi khususnya bidang IT sangat berengaruh besar terhadap lingkungan sekitar. Seharusnya kita harus dapat memnfaatkan kemudahan informasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

        Telah di jelaskan dimuka bahwa disamping efek positif ternyata perkembangan TI juga memberikan dampak negatif terhadap lingkungan kita terutama dalam hal moral. Sekarang ini orang lebih suka bermain dengan gadjet-gadjetnya. Terus yang lebih parah lagi adanya para pakar-pakar (profesianal) dibidang IT yang menyalahgunakan keahliannya tersebut. Baru-baru ini kita dengar adanya pembobolan sejumlah ATM yang dilakukan via Dunia maya. Orang-orang seperti itu (melakukan kegiatan criminal berbasis IT) biasa disebut cracker. Hal seperti inilah yang tidak diharapkan dari pesatnya perkembangan IT.

        Maka dari itu diharapkan kepada para Profesional dibidang IT untuk bisa mempergunakan kemampuannya untuk kemaslahatan bersama. Disamping itu pula diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan perkenbangan dibidang IT ini dengan baik dan bertangjungjawab.

No comments:

Post a Comment