Wednesday, April 27, 2011

Apa Bahasa Pemrogramanmu? Part 2


                Banyaknya bahasa pemrograman biasanya membuat seseorang menjadi bingung untuk mendalami bahasa yang mana. Misalkan saja saya yang sedang kuliah mengambil teknik informatika di universitas Gunadarma, baru sekitar dua semester akan tetapi sudah di sodorkan berbagai dasar bahasa pemrograman tertentu. Mungkin maksudnya agar kita mengenal dan memilih salah satu yang paling cocok untuk didalami oleh kita. Diantara bahasa pemrograman tersebut aialah Java, basic, Pascal, python, Ruby, Delphi dan Visual Basic.
               
Untuk lebih mengenalnya maka kita perlu tahu karakteristik dari masing-masing bahasa tersebut, lebih lanjutnya adalah sebagai berikut :
1.    Java       : merupakan bahasa yang berorientasi objek, intruksinya hampir sama dengan bahasa C++. Setiap langkahnya harus jelas seperti penamaan program(class), pendeklaraasian variabel dll. Misal untuk mencetak kata hello world! saja maka kita perlu menulis listing seperti ini :
    class  contoh
    {
        public static void main(String[] args)
           {
                    System.out.println("Hello World!");
            }
     }
2.    Ruby dan Python : Bahasa ini menawarkan keunggulan dari berbagai bahasa lain. Bahasanya bisa di bilang ringkas karena ada beberapa langkah yang memang sudah bisa ditangani oleh bahasa pemrograman itu sendiri seperti pendeskripsian variabel dll. Untuk mencetak hello world! kita hanya harus mengetik seperti dibawah ini (baik di sebuah editor seperti notepad maupun di modus interaktifnya).
    Print “hello world!”
 3.Bahasa yang berbasis visual seperti Delphi dan VB, Bahasa ini sudah menyediakan beragai komponennya(berbasis visual) yang siap pakai, kita tinggal mendesain program dan menuliskan baris perintahnya sesuai dengan komponen yang kita pakai.

 
        Nah… kita tinggal memilih bahasa mana yang paling cocok dengan kita, baik bahasa yang di jelaskan secara sederhana seperti diatas ataupun bahasa lainnya yang tentunya masih banyak lagi. Usahakan tekuni secara mendalam salah satunya untuk bekal kita setelah lulus kuliah nanti.



No comments:

Post a Comment