Wednesday, April 27, 2011

Apa bahasa pemrogramanmu? Part 1


Sudah dibahas pada postingan sebelumnya bahwa suatu aplikasi atau software berasal dari kumpulan perintah(kumpulan baris program) yang dijalankan oleh komputer. Baris perintah tersebut supaya di mengerti oleh komputer, terlebih dahulu diterjemahkan oleh bahasa pemrograman. Nah…..untuk penulisan baris perintah ini haruslah mengikuti aturan-aturan dari bahasa pemrograman itu sendiri. Setiap bahasa pemrograman mempunyai ciri yang khas masing-masing.

               
Secara garis besar dan dilihat dari segi kemiripannya dengan bahasa manusia, bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga, yaitu :
1.    Low level Language         : Bahasa pemrograman yang intruksinya yang tidak sama dengan bahasa manusia, contohnya bahasa mesin, bahasa assembler(bahasa rakitan)dll.
2.    Midle level language      : Bahasa pemrograman yang intruksinya hampir sama dengan bahasa manusia, contohnya bahasa pemrograman C,C++,dll.
3.    High level language         : Bahasa pemrograman yang intruksinya hampir sama dengan bahasa manusia, contohnya bahasa pemrograman basic, fortran,cobol dll.

Setiap bahasa mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk lebih jelasnya bisa di baca di 
postingan selanjutnya…..(bersambung)

No comments:

Post a Comment