Wednesday, April 27, 2011

Pengertian sederhana tentang software?

        Suatu aplikasi (bisa disebut juga software) dalam dunia komputer pada dasarnya hanya sekumpulan perintah yang menjadi suatu kesatuan yang dijalankan komputer. Adanya suatu aplikasi bermula dari suatu permasalahan yang dihadapi manusia. Karena manusia selalu ingin mempermudah hidupnya maka dia membuat alternative dengan membuat sesuatu yang lebih cepat dan akurat. Salah satu alternative itu adalah dengan di bantu komputer. Nah permasalah tadi di buat logika pemecahannya dan dibangunlah sekumpulan perintah yang dijalankan komputer.

            Komputer tersebut sebenarnya tidak mengerti bahasa manusia dia hanya mengerti bahasa dirinya sendiri atau sering disebut bahasa mesin yang konsepnya hanya terdiri dari dua bilangan biner ( 0 dan 1) yang mengekpresikan keadaan on dan off . Nah dengan keterangan diatas manusia membuat suatu “bridge” atau jembatan dari bahasa manusia ke bahasa mesin supaya kumpulan perintah yang dibuat manusia tersebut dapat di mengerti oleh komputer.
 
      Yang menterjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin tersebut dikenal dengan bahasa pemrograman. Kumpulan perintah tersebut diterjemahkan oleh bahasa pemrograman untuk kemudian dieksekusi oleh komputer dan menghasilkan output akhir sebuah program aplikasi baik itu yang sederhana maupun yang kompleks.  

No comments:

Post a Comment