Wednesday, April 27, 2011

Manusia dengan Akalnya

                Manusia memang bisa dibilang lemah jika dibandingkan dengan mahkluk ciptaan tuhan lainnya seperti singa dan macan yang dapat berlari dengan cepatnya, gajah yang begitu kuatnya, burung  yang mampu terbang dengan bantuan sayapya. Akan tetapi di balik itu manusia memiliki sesuatu yang jauh lebih hebat dibandingkan dengan mahkluk lainnya yaitu akal budi.

                Manusia diberi akal untuk berpikir, dengan kemampuan inilah manusia bisa menyelesaikan berbagai macam masalah hidupnya. Dengan akal ini manusia bisa mengungguli mahkluk-mahkluk lainnya seperti :
  1.  Ketika melihat burung terbang manusia berpikir tentang bagaimana burung tersebut bisa terbang dan faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan burung bisa terbang. Dengan permasalah itu saja akhirnya manusia terus berpikir hingga bisa memciptakan sesuatu yang bisa membuat manusia tersebut terbang bahkan mengungguli burung sekalipun, seperti terbang dengan kecepatan luar bisa menggunakan pesawat terbang bahkan sampai keluar angkasa.
  2.  Lihat saja singa yang berlari dengan begitu kencang ketika sedang memburu mangsanya, apakah manusia bisa berlari sekencang itu ? tentu saja tidak… akan tetapi dengan akalnya manusia bisa menciptakan mobil bahkan  kereta yang bisa membuat manusia bisa berpergian jauh dengan cepat mengalahkan singa tadi.
Dengan akalnya lah manusia akan tetap berusaha untuk menemukan sesuatu yang baru bahkan sesuatu yang sekarang tidak kita bayangkan. Jadi seharusnya kita harus berusaha untuk bisa memanfatkan dan menggunakan  akal kita dengan sebaik-baiknya. akan sayang sekali jika kita di beri kemampuan yang sungguh sangat luar biasa  tetapi kita tidak menggunakan kemampuan tersebut.

No comments:

Post a Comment