Wednesday, April 27, 2011

Apa itu Ilmu Budaya dasar “IBD”..??


Seperti yang tersirat pada prase tersebut, ilmu budaya dasar dapat diartikan sebagai salah satu ilmu yang membahas tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari.

Menurut prof.Dr. Harsya Bachtiar, secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu ilmu-ilmu alamiah (natural science), ilmu-ilmu social (social science) dan pengetahuan budaya (the humanities). pengetahuan budaya (the humanities) itu sendiri memiliki arti bidang pengetahuan budaya yang disusun untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Sudah kita ketahui bersama bahwa bangsa Indonesia ini terdiri dari berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan kedaerahan, adat istiadat dan kesukuan. Oleh karena itu kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia harus lebih mengenal lebih dalam tentang kebudayaan bangsa Indonesia itu sendiri pada khususnya.
Pada era globalisasi ini, arus informasi terasa semakin deras menghampiri setiap orang. Efek buruknya adalah bedatangannya kebudayaan-kebudayaan yang beasal dari luar yang mungkin kurang sesuai dengan bangsa pribumi itu sendiri.

Maka dari permasalahan tersebut kita seharusnya lebih mendalami lagi nilai-nilai kebudayaan kita sendiri dan berbagai nilai kebudayaan lagi yang lebih bersifat universal lainya. Diharapkan dengan adalnya ilmu budaya dasar ini kita akan menjadi lebih sadar akan nilai kebudayaan kita dan nantinya akan semakin menambah wawasan kita terutama dalam aspek kebudayaan.

No comments:

Post a Comment